Wednesday, November 23, 2016

survey SD di Bandung 2017/2018

milih sekolah ternyata satu hal yang membuat galau...
ada beberapa pilihan berdasarkan kriteria, udah sesuai kriteria eh ada yang bikin gak sreg, tadinya gak masuk kriteria eh kok sreg (gimana sih ini) hahaha...

tahun depan liffa udah mulai sekolah dasar, tadinya gak akan cari-cari SD lagi karena rencananya mau nerusin di sekolah yang sekarang aja, tapi ada beberapa pertimbangan kenapa gak dilanjutin, salah satunya jarak rumah-sekolah, sekarang ini gak terlalu berasa jauhnya. tapi kalo udah macet waduh.. kasian juga anak &(yang anter jemput) nya.. apalagi rencananya tahun depan kita mau pindah rumah yang jaraknya lebih jauh, ketemu beberapa titik macet&beberapa lampu merah. jadi demi kenyamanan anak & orangtua ya (terpaksa) kita survey sekolahan yang sekiranya masih sekitaran rumah alias gak lebih dari 10km jarak rumah-sekolah.  Dan ternyata, di sekitaran daerah rumah, banyak sekolah yang bagus,sesuai kriteria dan cukup favorit juga untuk daerah Bandung timur,dan sekitarnya.

kenapa sekarang udah survey?
karena beberapa sekolah favorit,kebanyakan udah mulai buka pendaftaran akhir tahun ini untuk tahun ajaran 2017/2018, bahkan udah masuk waiting list (dari siswa lanjutan sebelumnya)
maka dari itu, supaya gak tambah pusing karena gak dapet sekolahan yang deket, mending survey cepet-cepet deh supaya mempertimbangkannya bisa cukup waktu.

ada 3 sekolah dasar yang kemarin kita survey : (lokasi,kurikulum,biaya)

1. SD Alazhar 36
  •  Lokasi  : Jl. Patuha & Jl. Van deventer
Untuk Lokasi cukup strategis, lokasinya di pinggir jalan, akses kendaraan umum gak jauh lah ya, lapangan (buat parkir) cukup besar. kemarin itu saya survey cuma ke jl Patuha aja, sayangnya untuk bagian informasi harus ke jl van de venter , ya udah deh akhirnya keliling-keliling aja liat ruangan, fasilitas di kelasnya, fasilitas lainnya.

kesimpulannya? anaknya kurang tertarik alias males-malesan, ruangan kelasnya besar, kursinya individual dan pas kita kesana sih lagi membentuk U jadi tiap kelas beda (mungkin beda tema) kita keliling gak ada yang dampingin jadi buka tutup kelas sendiri haha... liat toiletnya bersih, cuma sayang kurang banyak ya cuma 2 trus "sepi" , jumlah kelasnya sedikit jadi keliatan banget kecil sekelilingnya. ternyata di jl patuha itu cuma kelas 1-3 sisanya di jl van de venter.
terkesan sama sistem absensi anak-anak yang pakai finger print.
  • Kurikulum: berhubung kemarin pas survey itu gak ada orang yang bisa ditanya-tanya, karena kita gak ke van deventer juga (cuma lewat aja) jadi kurang paham bagaimana kurikulumnya. tapi ini ada link informasinya termasuk info biaya juga.
  •  
  • Biaya : 
  1. uang pendaftaran Rp. 300.000
  2. biaya adm untuk transfer Rp. 7500
  3. Uang pangkal TP 2017-2018 Rp. 19.000.000
  4. SPP  Rp. 800.000 ( diluar seragam, Jam'iyyah, Finger print,ATK, UAng buku,catering, jemputan)
sudah buka pendaftran dari 14 November 2016
info lebih lengkap dapat menghubungi Panitia PPDB SDIA 36 : jl. Van deventer No 12 atau Jl Patuha No 36 / telp 4231036

link web disini
2. SD Gagas Ceria
  • Lokasi: Jl. malabar
untuk lokasinya sama-sama strategis,deketan sama al-azhar, sama-sama di pinggir jala, bentuk bangunan bagus dan pas kita keliling-keliling dibuat terkesima (aku norak) haha... untuk kelas 1 di lantai 1,kelas lainnya diatasnya (lumayan ngos-ngosan). liat kelasnya besar,bersih,rapih, ada kursi juga tapi tiap minggu apa tiap hari ya ada tema gitu kadang lesehan kadang di kursi.
ada kelas untuk pendampingan, ini untuk siswa yang di kelasnya kurang bisa fokus &sedikit "telat", jadi sepulang jam sekolah ada kelas tambahan di kelas pendampingan ini, mata pelajarannya b,indonesia&matematika. pas kita liat sih di kelas itu cuma 2-3 orang dengan guru 2 orang. kita keliling di gagas ceria didampingin sama bapak (lupa namanya) detail banget jelasinnya bikin ga sempet bernapas (hah lebay) tapi ya itu karena terkesimanya dan excited :D
apalagi ruang gurunya, bagus beneerrr cerah ceria, ruang guru deketan sama ruang multimedia. ish keren banget komputernya, dan posisi komputerya ga kayak sekolah kayak umumnya yng mirip warnet-warnet :p
terus pas kita turun, ternyata udah bubaran,. sistem pulang pun bener-bener teratur,tertib,dan aman karena anak-anak yang sudah datang jemputannya dipanggil sama satpam, anak-anak sih nunggu di tempat khusus.
toiletnya gimana? bersiiihhhhhhhhhhhhh.... ada tempat wudhu juga, bersih lah... TOP

  • Kurikulum : disini kan sekolah Nasional (umum) jadi kurikulum ikuti diknas dan ada +an kurikulum gagas yang dikembangkan dari kurikulum nasional. JUmlah anak perkelas 28 anak, dengan 2 guru wali, 1 guru kelas dan 1 guru LSU.
  • program pengayaan : pengembangan karakter (gagas ceria session dan the leader in me)
  • gagas ceria special week
  • english for foreign languange
  • teknologi informasi dan komunikasi
  • budaya jawa barat
  • ekstrakurikuler 19 jenis
  •  Rincian bIaya (belum ada yang baru, jadi pakai yang 2016-2017)
  1. uang pendaftaran   Rp. 500.000 (sudah termasuk tes potensi&kematangan)
  2. Uang pengembangan ekstern  : Rp. 26.450.000
  3. uang pengembangan intern :  Rp. 23.950.000
  4. Uang kegiatan per tahun  : Rp. 2.950.000
  5. SPP per bulan (setelah dikurangi dana BOS)   Rp. 1.300.0000
katanya sih, akan ada open house Desember-Januari ini, pembukaan pendaftaran nanti per Januari 2017

link web disini
3. SD Arrafi
  •   Lokasi : jl sekejati III no 20, kiara condong
akses masuk/cari sekolah ini sebetulnya susah-susah gampang, ancer-ancernya adalah rumah sakit pindad dan sman 18, kalau dari arah kiaracondong lurus aja terus nanti ada bangunan tentara trus ada belokan tulisannya arrafi 500m ikutin aja sampe per3an nanti sebelah kanan ada gapura gitu masuk aja, jangan kaget kalo pas masuk kita ke komplek perumahan warga karena sekolahannya emang di ujung banget di pojok dan akses pintu cuma 1 pintu masuk, gw rasa sih ini aman ya karena lingkungan sekolahan, perumahan warga dan 1 akses, lingkungan tentara pula.
untuk parkir emang agak susah kayaknya kalo hari sekolah, tapi alternatif parkir ada di rs pindad. nah kalo ke sekolah kan sebelah kanan, rs pindad ini ke kirinya ya abis parkir jalan dikitlah itung-itung olahraga.
akses kendaraan umum gampang&banyak banget, tinggal turun di depan jalan masuk, abis gitu ya jalan kaki (anak-anak sih rata-rata sukanya jalan kaki kan?) atau naik becak , karena sekolahan ini gak di pinggir jalan banget jadi gak akan bising kendaraan, orang lalu lalang,atau gangguan lainnya.

gedungnya gimana?
beneran sekolahan deh jadi ingetwaktu SMP, ada lapangan multifungsi di tengah-tengah, sementara sekelilignya bangunan.gedungnya 3 lantai ada cctv dan lain-lain juga  ada kantin yang katanya sih dipisah cewe-cowo, toilet? bersih dan gak boleh pake sepatu harus pake sendal khusus, steril. ruang multimedia? besar dan ya kayak warnet ya berjejer-jejer gitu, ada aula juga besaaar banget.
  • kurikulum : berdasarkan brosur&tanya-tanya sih katanya untuk tahun 1&2 metodenya tematis (mungkin ya sama seperti kurikulum semua sekolah), 1 kelas 25-28 siswa dengan 3 guru
  • tahun ke 3-6 metode pembelajarannya pendekatan tematis mata pelajaran,jadi kelas 3 ini ada semacam "penjurusan"  ada bilingual & akselerasi
  • program bilingual (6thn) & akselerasi (5thn) melalui program fulldays&enrichment
  • dalam persiapan menuju sekolah berbasis internasional melalui pembelajaran berbasis ICT (information and communication technology)
  • dan katanya gak ada PR *horeeee* karena jadwal belajar udah padat ya senin-jumat (07.00-13.45 / 07.00 - 15.05) dan sabtu kegiatan remedial bagi siswa yang belum menuntaskan pembelajarannya
  • untuk ekstrakurikuler ada 22, intrakurikuler (wajib, pilih salah 1) ada 6 
dan +nya disini tuh ada jemputan yang kerjasama sama vendor, trus orangtua bisa pantau via GPS *canggih*

  • Rincian BIaya
  1. SDP (sumbangan dana pembangunan)      Rp. 14.000.000
  2. Uang kegiatan & buku pelajaran TP 2017-2018  Rp. 4.200.000
  3. Seragam        Rp. 900.000
  4. SPP Bulan Juli 2017  Rp. 900.000
  5. Administrasi psikotest Rp. 350.000
  6. Administrasi pendaftaran Rp. 250.000 (dibayar stelah diterima)
total biaya : Rp. 20,000,000,- diluar catering, jemputan,dan ekstrakurikuler
 (udah buka pendaftaran okt-nov) kuota 100 siswa

info lebih lengkap klik disini

4. SD ISTIQOMAH
  • Lokasi : jalan citarum, dibawah mesjid istiqomah  
tempat ini sebetulnya bukan tempat yang asing lagi sih haha.. iyalah dari kecil gw TPA disannytaraweh disana, akad nikah disana, sekolahin liffa disana ahhaa.. banyak kenangan indah deh disana :D
bangunan sekolahannya di sekeliling mesjid istiqomah yang besar itu, di bawah tepatnya, lokasi sih super strategis karena di tengah kota, dan akses super gampang, tempat bergaul (buat emaknya) banyak *penting* cumaa... karena lingkungan mesjid yang notabene umum sekali banyak orang keluar-masuk dengan banyak keperluan, jadi terkesan bebas aksesnya,*emak parno* trus ramai banget kan ya orang, ya kendaraan.
ruangan kelasnya cukup deh gak besar gak kecil, 1 ruangan bisa keliatan full sih, bentuk kursi pun mengahdap ke depan semua, 1 baris itu 2-3 meja.
fasilitasnya, ada mesjid (pasti), aula,klinik, lab praktek.

  • kurikulum : metode tematik, raport ada 2 : keagamaan &diknas, 1 kelas 24 orang dengan 2 wali kelas,kurikulum diknas +tilawati 1 minggu 8jam 
  • ekskul wajib : pramuka & tahfidz
  • Rincian biaya TA 2017-2018 
  1. Pendaftaran  Rp. 400.000
  2. Dana partisipasi : Tk istiqomah 12,500,000 / luar TK istiqomah 14,500,000
  3. Dana pendidikan : Rp. 1.400.000/ tahun
  4. SPP/ bulan : 700.00 
  5. belum termasuk biaya buku&seragam 5 stel (kurang lebih 2.000.000)
untuk intern sudah buka pendaftaran per november ini, kuota 96 siswa .



jengjengjeng,,,,, biaya sekolah lumayan mahal-mahal yak T_T

jadi, mana pilihanmu?? saya sih insyaallah udah nemu nih yang cocok di kantong dan sreg di hati dan yang penting anaknya berminat dan.... gak jauuuhh cyiinnn... :p


Selamat mencariiii :))
     

1 comment: