Thursday, February 21, 2013

cacar saat hamil (trimester 1)

siapa sih yang berharap pas hamil trim 1/2/3 kena sakit/penyakit, bahkan pilek sekalipun? waktu jamannya liffa saya hobi banget tuh flu -__- ( semoga hamil sekarang jangan ya allah )
etapi.. malahan kena cacar air aja gitu X_X ketauannya pas minggu ke-9 jadi gini ceritanya..
sepulang dari sari ater (ciater) liffa kan demam tuh, seminggu kemudian ternyata ni badan bundanya kok udah ga enak banget, ya kadang panas dingin lah, pegel gak karuan lah.. tapi semuanya masih di "maafkan" karena alasan " ah karena hamil" jadi ya masih santai.. HAri Minggu malem, badan menggigil ga kayak biasanya, emang sih cuacanya lagi dingin banget kan lagi musim ujan tuh di temp cuma 37,4 sampe malem selimutan terus tapi gak mempan.. eh beberapa hari kemudian muncul bintik-bintik merah, kayak jerawat.. dan kembali lagi menyalahkan hormon hamil :p

karena seumur-umur gak pernah nih jerawatan di muka kanan kiri atas bawah (sampe bibir) iseng dipegang-pegang kok berair? *masih belom ngeh cacar* hari senin nya masih kerja, dan di kantor tiba-tiba ni punggung kok rasanya mau patah bawaannya pengen rebahan, soalnya sakitnya bikin pengen nangis, akhirnya minta ditemenin sama temen ke mushola buat rebahan sebentar.. (kembali menyalahkan hormon hamil) padahal dipikir-dpikir usia 9w mah belom sepegel 36w kan? hahaha...

hari selasa masih panas dingin dan tetep ngantor, laluu.. temen merhatiin dan bilang gak mungkin kalo jerawat, soalnya gede-gede tampak berair, kayaknya cacar deh *doeeeennggg* ah masa sih ah? lalu heboh dong tanya-tanya ke temen sekantor yang pernah kena cacar jg, dan katanya.. iya ini mah cacar deh.. oyasud akhirnya BBM suami, kasih tau semuanya dan jam istirahat pulang, karena badan udah meriang gak jelas. eh tapi sebelum sampe ke rumah sempet-sempetnya lah mampir creambath dulu ke Moz5 salon di martanegara hahaha.. karena kalo emang iya cacar berarti gak bisa mandi keramas gitu kan? sementara ni rambut udah ga jelas baunya :p *tetep*

malemnya ke kimia farma buahbatu, ke dr. indrarini (spesialis kulit&kelamin) dan katanya emang iya saya cacar, untung masalah ke janinnya? dokter bilang, aman kok bu makanya cepet diobatin.. alhamdulillah..
dikasih resep
- salep : acyclovir ( zovirax ) 5gr (2pc) 300 rb aja gitu *doeeng* dalem hati *awas ya kalo sembuhnya lama!!! salep segede gini mahalnya ga sopan*
- obat antivirus oral : Herclov (antibiotik) harganya masih sopan 200rban *ngek*
- vitamin B kompleks&C : Surbex, nah ini 15ribu aja hahaha..

selain itu juga istirahat 6 hari dan harus ngungsi dulu jaga jarak dari liffa , kelar urusan ke dokter kulit, sampe rumah SMS ke dr wid kasih tau kalo saya cacar, terus nama obatnya dan efek kedepannya gimana? alhamdulillah dokter bilang : memang ada resikonya cacar pas hamil tapi aman kok asal segera diobati, kontrol sebulan lagi aja..

hari rabu nya nekat ke kantor dong dengan muka amburadul karena beberapa bintik keluar lagi, niatnya mau tuntasin kerjaan dankasih surat dokter, pas istirahat minta dijemput bapa dan bedrest dulu di rumah mamah, malemnya kita ke dr wid berhubung hati ini tak tenang.. pas dr wid liat keadaan pasiennya ini, mukanya berubah jadi muka prihatin hehe.. tapi alhamdulillah pas di usg, jantungnya masih teratur, nanti pas 14w diliat katupnya, 28w wajib USG 4D.
berhubung parno (karena setelah googling banyak info yang menyeramkan) akhirnya kita curhat ke dr nya, udah siap mental aja kalo tiba-tiba ibu dokter menyarankan "Stop saja sampe disini" tapi ternyata semua diluar perkiraan...

me : "dok, resikonya gimana nih? soalnya saya gugling katanya rawan"
dok : " memang ada resikonya, tapi bukan cacat kok sebenernya hanya, misal ada bagian dari kulit yang warnanya jadi ijo/biru itupun sedikit jadi bukan cacat"
me : "kalo cacat bawaan itu gimana?" 
dok : " iya,makanya nanti kita bisa liat perkembangan seperti apa dan bisa dilakukan pencegahan lebih dulu tapi insya allah gpp kok, saya pernah ada pasien cacar begini, pas lahir bagus, tapi ada juga pas usia kandungan masih muda jantungnya berhenti, karena demam tinggi juga, ibu gak demam tinggi kan?"
me : "37.7 aja dok"
dok : "oiya gpp, aman kok, obatnya ada kan? lengkap? diminum kan?"
suami : "terus dok, kalo ke perkembangan otaknya itu gimana?"
dok : " iya, kelainan pada otak itu persentasenya 0.01-2% dan gak bisa disamaratakan, karena yang beresiko itu yang pada saat cacar / gejala cacar ( nih ibu masih gejala nih) tidak segera diobati / pengobatannya tidak tepat, saya pernah ada yang pas lahir jelek juga tapi karena riwayat kesehatannya juga berpengaruh"
me : " ini dok obatnya"
dok :" nah ini iya acyclovir ada, ini ada, paling ibu tambah suplemen vit C ya diboosting sehari 2x redoxon aja cukup, makan yang bagus, insya allah gapapa ya bu, obat penguat sama DHA nya jangan lupa juga ya"

keluar dari ruangan.. legaaa, tenang dan berdoa semoga dede bayi sehat sempurna tumbuh berkembang dengan baik..

selasa ketemu selasa lagi saatnya kontrol ke dr indrarini, dan udah mulai hitam-hitam mengering, kata dokternya, masi harus istirahat 3 hari lagi ya.. dibuatin lah surat pengantarnya, dan dikasih resep lagi
- zovirax lagi (2pcs) lagi *dudududu* *silet-silet dompet*
- imunos (rasanya kayak jamu nih)

3 hari kemudian udah mulai meletek beberapa, udah mulai sedikt-sedikit interaksi sama liffa.. tapi bobo masih pisah, dan.. hari minggunya udah mulai keramas *yihaaaa*
badannya gak boleh disabunin katanya cukup diguyur aja, tapi kalo wudhu seperti biasa sih, tapi gak sebasah biasa :D

hari senin udah mulai ngantor lagi, di muka udah mulai menipis, di punggung juga, alhamdulillah ga menyisakan bekas yang "jelek" perlahan-lahan mulai meletek-meletek nih,badan udah mulai fit lagi,nafsu makan udah (sedikit) membaik meskipun masih mual-muntah *blame to hormones*
 karena cacar kemarin turun deh 4 kilo, mau makan aja males beneeer...

eh hari ini, suami deh yang kena *haduh virus kamu jahat sekali* semoga ga nular ke liffa...
semoga suami saya cepet sembuh..

maap kalo kepanjangan, udah lama gak nulis jadi excited pas moodnya udah dateng he..

mohon doanya ya semoga bunda-dede utun nya sehat terus, dede utunnya lahir sempurna tidak kurang 1 apapun, aliffa sehat terus, gak ketularan virus jahat ini, dan abi segera pulih kembali :)

amiiin


6 comments:

  1. haduh... iya moga2 sehat2 semua ya....

    kemaren ini rasanya ada baca di twitter kalo lu kena cacar, tapi gua lupa tanya...

    moga2 suami lu cepet sembuh ya...

    ReplyDelete
  2. iya nih om arman, makasih doanya ya :) semoga keluarga disana juga sehat-sehat terus ya...

    ReplyDelete
  3. Bunda lia gimana sekarang keadaan baby nya? Dlu lahiran bayi dalam keadaan normal kan..sy skg hamil 17 minggu kena cacar air seluruh tubuh..slm kenal yah bunda..

    ReplyDelete
  4. Bun dari hasil test darah sya di deteksi terpapar harvest borderline (samar-samar) dan di sarankan minum herclov dan saat ini lgi hamil 8 minggu. Secara Fisik sya gak mengalami harvest, bunda kondisi bayinya pada saat lahiran kmren bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai bun, waktu usia 28w saya usg 4D & tidak ada apa-apa, alhamdulillah waktu lahiran bayinya sehat normal seperti bayi umumnya, cuma kondisi kandungan agak lemah ya, sering kontraksi dari usia 7 bulan.

      Delete
  5. Bun gmn sekarang kondisi anaknya ? Istri sy sedang hamil 14 minggu, kena cacar, sy panik takut

    ReplyDelete