Friday, April 29, 2016

untuk mereka yang tidak terkena baby blues & Postpartum depression

kenapa tiba-tiba saya nulis ini? karena saya gak sengaja membaca sebuah postingan di fesbuk yang (mungkin) tujuannya untuk menyemangati dan mengajak para ibu baru/calon ibu untuk tidak takut menghadapi kehamilan, kelahiran, dan setelahnya. tapi..... kok saya membacanya agak "kurang simpati" ya? kenapa? okelah, si penulis mengatakan dia orangnya ndableg, santai, pokonya ga pernah stress, peduli amat. jadi, meskipun dia udah punya anak sekian (apalah dibanding saya yang cuma 2 ini?) dia ga pernah tuh baby blues apalagi PPD, karena kuncinya cuma 1 (menurut dia) yaitu hepi alias less stress.

sementara, saya yang membacanya agak sedikit kecewa, tersinggung, baper (iyaa sayamah baperan, gak kayak ibu itu gak pernah baper jadinya ga bebiblues) tapi saya males ah kasih komen di kolomnya, karena ternyata udah banyak yang komen sehati dengan saya.

lanjut....

sebenernya saya penasaran apakah efek baby blues & ppd itu bermula dari sifat gadis si ibu yang perfeksionis? rapih? bersih? baper? atau apalah itu namanya sehingga pada saat dia punya bayi dia langsung mengalami baby blues karena sifat dasar dia tadi?

oke, berdasarkan buku dan sumber yang saya baca bahwa baby blues itu pengaruh hormonal beberapa hari sampai 14 hari pasca melahirkan. gejalanya, bisa nangis gak jelas, melamun, gak berguna, kaget ada mahluk kecil serta kegiatannya yang 180 derajat berubah tapi biasanya bisa menghilang (sembuh) dengan sendirinya. sementara post partum depression, itu tingkat stress yang lebih tinggi lagi dan membutuhkan bimbingan konseling kadang baby blues pun begitu. nah saya mah jujur gak ahli ngomongin psikologi beginian, saya cuma mau share aja pengalaman waktu melahirkan anak pertama dan kedua. apalah artinya saya cuma 2 anak tapi kena babyblues juga (mungkin hampir ppd) dibanding ibu hebat itu yang samsek ga pernah tersentuh si blues ini.

jadi, waktu anak pertama saya masih 24 taunan, ilmu asi saya hapal teorinya, parenting style? sambil jalan, babyblues? nah ini, untung saya pernah diingatkan mamah saya kalau nanti beberapa hari setelah melahirkan suka ada perasaan sedih, murung, nangis. mamah saya cuma bilang " jangan sering melamun ikutin emosi ya kalo tiba-tiba ada rasa kayak gitu, banyakin istighfar, dzikir, jangan lupa makan"  kalo mama saya gak nasehatin begitu, saya boro-boro tau ada rasa begitu. saya ga tau (apalagi mama saya) kalo itu istilahnya baby blues ! 
seminggu di RS karena melahirkan sc&bayi di fototerapi saya belum merasakan baby blues, karena yang ada cuma perasaan was-was dan bersalah karena saya melahirkan kenapa harus sesar? kenapa anak saya bilirubin tinggi ? so on so on..
kemudian, pulanglah kami ke rumah, rumah mertua tepatnya. horor? pasti? hahaha.. semua yang tau pasti nanyanya sama dan komentarnya sama! tapi saya gak pikirin itu, saya cuma pikirin bayi saya. saya rasanya malah overprotective jadi, mana babyblues?

minggu kedua paska melahirkan saya mulai merasa kehilangan sesuatu. perhatian? bukan, saya bukan orang yang senang menjadi center of attention karena saya orangnya CUEK, TIDAK PERFEKSIONIS, TIDAK RAPIH, BAHKAN SEENAKNYA. tapi, saya merasakan sesuatu yang gak jelas, saya kesel saya capek. kok tiap nyusuin bayi tengah malem, udah lega dia kenyang dia tidur eh pipis kan nangis lagi, bersih-bersih lagi, nenen lagi-pup-nenen-pipis- seterusnya begitu sampai akhirnya saya ngomel. nah, inilah awal saya merasakan baby blues ! waktu di RS kan rooming in, bayi nangis kejer tinggal panggil suster, bayi pipis pup ya tinggal panggil suster. di rumah? di kamar tepatnya hanya ada saya dan suami (yaiyalaah) tengah malam. kalo siang saya sebenernya overprotective pengennya anak sama saya terus, anak nangis harus saya yang gendong, blablabla.. pokoknya saya babyblues itu tiap malem!! karena mungkin faktor fisik udah lelah merembet lah ke emosional yang lelah juga. suami bantu-bantu kok, dia bantu setrikain popok, cuci popok, kash saya jajanan makanan minuman suapin pijitin pokonya the best!

sampai akhirnya saya harus kembali bekerja, babyblues dateng lagi, entah ini babyblues atau apalah tapi saya jadi sensian, apalagi kalo ditanya proses melahirkan, kemudian saya diejek karena saya bukan wanita ibu sempurna karena saya tidak melahirkan normal! marah? jelas....
tapi semua bungkam pada saat saya rajin mompa asi buat anak saya, mereka ga tau (awalnya) asi bisa disimpan, sedikit-sedikit saya tularkan ilmu per-asip-an ke mereka, rata-rata mereka udah punya anak dewasa jadi siap membagi ilmu ke anak mereka. sombong? ohiyah.. bangga tepatnya.. gue sesar tapi gue bisa nyusuin bisa keluar kok asinya. trus lo bilang gw gak sempurna itu apah???
ya gitulah pokoknya lebih ke pergolakan batin karena bayi dititip di rumah, saya di kantor, cara mengasuh mungkin beda, banyak hal yang bisa bikin babyblues, bukan karena mainan fesbuk, instagram, chatting yang bikin bebiblues! justru nih ya.... pada saat feeling down seperti itu sosmed begitu justru membantu! karena kita bisa interaksi sosial dan mendapatkan support grup

lanjut cerita babyblues anak kedua,

waktu melahirkan anak kedua ini,si kakak baru 2tahun 5bulan. usia yang masih butuh perhatian banyak, tapi dia udah ada adik aja rasanya mungkin tersisihkan. disinilah caper datang, si kakak caper ruar biasa. sampai saya harus teriak,marah,emosi (hey, balita loh ini) iya rasanya waktu anak kedua ini saya tidak babyblues tapi toddler blues! saya kaget, saya bingun harus adaptasi dari mom of one jadi mom of two! apalagi jaraknya deketan trus sebenernya saya banyak kehilangan moment sama si no.1 ini karena dulu saya working mom.pas anak kedua ini saya memilih jadi stay at home mom.

kebayang dong rasanya gedabrukan 24 jam di rumah sama 2 balita? dan.. tangis kesal saya marah sampe saya banting barang, banting pintu, tendang apapun akhirnya kejadian juga.. saya mulai kesel liat suami saya yang pulang kantor bisa langsung tidur aja gitu. kalo diinget-inget pada saat itu emang udah pukul 11 malem, dan saya bisa tidur jam 2 pagi mulai nyenyak pas subuh hadeuuhhh..
dan dia pulang kerja masih luangin waktu main sama si kakak. saya masih dibawain makanan atau apa aja yang saya mau. tapi saya marah... saya curhat di grup ibu-ibu mereka support dan saranin saya ngomong ke suami.akhirnya saya ga bisa ngomong karena saya takut saya terlalu emosi, jadinya nangis. saya cuma mampu nulis via text messages panjang kali lebar. setelah itu apa? suami saya merasa bersalah dan dia meluk minta maaf, dia bilang dia juga capek dia stress selain di kantor dia juga stress di rumah. dan.... setelah saya baca ternyata seorang suami&ayah juga bisa ngalamin babyblues!!!! 

jadi... cara kita mengatasi nya gimana? saya dan suami akhirnya saling sharing apa yang kita mau? bagaimana parenting style kita ke depannya dan jalan-jalan!!! grocery shopping aja udah bahagia banget.
terus dari pihak si ibu gimana? usahakan punya support grup, siapapun itu..
aktif di forum-forum sebagai silent reader juga gak masalah yang penting gak menutup diri dari lingkungan sosial.

intinya, gimanapun kepribadian seseorang. gak bisa dihubungkan dengan sebab-akibat terkena baby blues dan PPD. jangan sampe mikir "ah gue kan cuek, santai ga akan lah kena babyblues" atau "duh, gimana ya aku kan apa-apa dilayanin ntar kalo punya ank gimana ya? pasti baby blues"
sepengetahuan saya... itu gak ada hubungannya...

mau kamu cuek, santai, manja, nyebelin kita ga ada yang tau bagaimana nanti hormon kita berubah saat melahikan, yang penting siapin mental dan bikin support grup dari sekarang sebelum hamil atau sebelum melahirkan. dan cari sebanyak-banyak informasi tentang babyblues,juga ppd. sekelas brooke shields aja kena ppd hampir bunuh diri.. jangan menutup mata dan menganggap ini tabu, jangan meremehkan efek psikologis setelah melahirkan ini, dan yang paling penting.... jangan meremehkan atau nganggap "repot bin lebay" para ibu yang mengalami hal ini. justru merekalah yang harus disupport, dan kalo teman kita baru melahirkan, rajinrajinlah tanyain kabarnya, siapin diri jadi tong sampah unek-uneknya, karena kita gak bisa bantu dia 24jam ikut ngurusin bayi nya kan?

baiklah, saya tutup deh.. karena saya lega udah keluarin unek-unek saya.. karena saya salah seorang wanita cuek tapi baperan kalo urusan beginian hahaha... dan kebetulan pernah disamperin si babyblues dan hampir ppd ( ini 2 hal yang berbeda) jadi semoga sharing saya bisa sdikit bermanfaat ya.. kalo enggak ya gapapa saya cuma pengen nulis panjang sekalian curhat tapi ga di fesbuk haha..

okeiiii... sayonara....



1 comment:

  1. Salam kenal mba, setuju banget sama tulisan mba. Baby blues or PPD banyak faktor yang mempengaruhi termasuk faktor eksternal (diluar faktor hormon) misal bundanya yang harus ngurus baby sendirian disaat ayahnya kerja, karna memang hanya tinggal bertiga dirumah. Seperti pengalaman saya waktu baru lahiran anak pertama. Sempet baby blues sampe sering banget nangis sendirian tengah malem karna ngantuk dan cape berat. Sampe akhirnya saya harus masuk kerja lagi, ahhh stres juga kepikiran gmana nanti cara pengasuhan ke anak kita slama kita kerja.
    Sekarang menjelang lahiran anak kedua (beda lima taun dr anak pertama), saya berasa deg deg ser lagi nih mengingat dirumah bener-bener ga ada yang bantu n semua muanya harus dihandle berdua ama pak suami. Sekarang aja sang sulung udah banyak ngegoda dan capernya hee..Bismillah aja n banyak banyak istigfar semoga dilancarkan dalam segala hal...Aamiin...dan semoga ga kena baby blues "lagi" setelah lahiran nanti :-D

    ReplyDelete