Saturday, August 9, 2014

Godaan si 3,5y

Akhir-akhir ini saya seriing bangeet ngeluh tentang tingkah laku nya aliffa di path yang superduper deh.. Itu tandanya saya udah lelah ngadepin sendiri, saya butuh cerita just sharing lah ya ke temen2 yang banyaknya seumuran jg..

Yang nganggep saya kurang sabar ada.. Yg nganggep ngeluh aja ada.. Yg anggep saya ga bisa mengalihkan situasi juga ada... Yaaa mereka mungkin udah lebih pengalaman kali yaa.. Yaa ilmu parentingnya udah cumlaude mungkin yaa..
Tapi saya bersyukur ada (bahkan banyak) yang akhirnya ikut numpang sharing jg di kolom comment sya..
Dan akhirnya saya lebih lega.. Karena syaa gak sendiri :)

Kenapa sih liffa? Jadi gini, akhir-akhir ini udah masuk fase "pribadi" liffa kali ya.

•Dari mulai yang dikasih tau dengan baik, sabar dan pelan.. Eh kita malah dipukul, ditendang bahkan dia teriak..
•Kalo dia ga suka sama sesuatu, dia bakal teriak sekenceng2nya.. Awalnya gw masih bisa sabar sabaaaarr banget.. Lama2 gedeg juga nih gw apalagi kalo dia teriak ga tau waktu, disaat gw susah payah boboin alisha, dia minta tolong sambil gangguin gw, sementara gw gak bisa lepas (krn lg nyusuin alisha) dia tiba2 teriak yg akhirnya alisha bangun-nangis-ngamuk
• apa yang dia mau ga diturutin, polanya bakal sama marah-mukul-teriak

Bayangkan.. Tiap jam gw ngadepin energi bocah ini.. Tiap jam gw harus tahan emosi, lama2 pecah emosi gw biasanya menjelang tengah malem, karena akumulasi dari liffa yg masih ga mau tidur jam 11 malem masih seger.. Akhirnya setiap menjelang tidur jangan tanya deh ritual perfect nya.. Yang kyk orang2, ganti baju,pipis,gosok gigi,berdoa.. Pengen dong punya ritual smepurna seperti itu... Tapi entah kenapa di gw gak berhasil, yang ada ritual tidur aliffa tuh.. Setelah diajak tidur baik2 - nolak, ajak lagi - nolak+lempar barang, ajak lagi-marah dengan mukul, ajak lagi- teriak.. akhirnya harus dimarahin, ditakutin, nangis, dimarahin lagi... Baru deh tidur..

Ga sehat?
Emang iya.. Saya tau ini buruk apalagi liffa tidurnya masih jam 11an..

Entah kenapa, selama ini masalah gw sama suami kalo bertengkar tuh kadang krn masalah liffa ini deh.. Cara kita kadang beda akhirnya numpuk pe er nya.. Sementara kita masih tinggal di  mertua, gw selalu berharap dan bermimpi.. Pola seperti ini akan berubah saat kita pindah rumah nanti... Karena ga banyak ibu peri kalo disana, gw jd bisa disiplinkan anak-anak..

Selama ini gw selalu browse di gugel dengan keywords "menghadapi perilaku anak 3-4 tahun" dan jawabannya rata2.. Diakibatkan pola asuh dari awal.. Nah ini gw rada setuju.. dan emang gw cenderung ga punya jadwal konsisten buat liffa, jadi dia emang ngalor ngidul semaunya dia, dan kadang malah jadwalnya dia konsisten :p next time sebagai pelajaran, gw bakal bikin time table gitu deh, menerapkan reward lucu-lucu.. semoga belom telat ya..
Kemudian ada yang bilang bahwa ini artinya si anak sedang mengembangkan perilaku emosional nya yang berarti pertumbuhannya sempurna (maksudnya pas masuk ke milestone nya) ya gw sih kalo waras masih bisa ingetin liffa baik2.. Kalo lagi phuanaaass?? Teriak aja deh gw, sekarang ga peduli ada mertua depan mata, liffa bikin ulah yang ga bisa diterima ya gw marah..

Jadi gw pikir jg liffa nih energi berlebih juga deh.. Kepikiran taun depan mau dimasukin taekwondo aja deh, inshaallah.. Sekalian renang, biar energi nya tersalurkan..

Tapi di sisi lain, gw selalu bersyukur bahwa ini tandanya aliffa sehat.. Aamiin..

1 comment: