Thursday, July 4, 2013

30weeks : bedrest

setelah merasakan kontraksi dari hari rabu, dan horor di hari kamis..mules-mules di tengah kemacetan bandung (dan di angkot pula) ampe banjir keringet nih muka.. akhirnya hari jumat kontrol ke dr wid di kima farma, dokternya dateng jam... 9 malem aja  kak -__-! tapi biarpun lama gitu entah kenapa gak pengen beranjak, iya karena kebeneran banget perut pas lagi tegang-tegangnya.. pas di usg eng-ing-eng.. ototnya emang lagi tegang banget, gak boleh dibiarin..bisa brojol duluan :(
berat badan naik 6 kilo ceritanya dari sebulan yang lalu. tekanan darah 120/70
berat debay 1676gr, kata dokter cukup besar, karena dokter ambil berat badan terendah.. perkiraan sih di 1676-1978gr 0_0 , eniwei.. setelah diskusi akhirnya dokter wid merujuk ke hermina/ melinda untuk bedrest, katanya sih 2 harian nanti dikasih infusan jenis protein (aminofluid) supaya bener-bener istirahat kata dr wid.
baiklah, hari sabtu siang kita baru check in di Melinda setelah capcipcup antara Melinda / Hermina hehe.. ke front office dulu sekalian tanya-tanya plafond rawat inap dari asuransi dapet jatah berapa? :p akhirnya langsung ke ruang VK dicek ini itu disuntik ini itu,pasang gelang pasang infus..bobo deh.. sambil nunggu kamar yang kita pesen ternyata penuh, akhirnya yang ada dulu aja deh..pindahlah kita sore itu juga, ditemenin liffa yang udah dateng ternyata..

sabtu sore dikasih aminofluid 500ml, sebelumnya sih dikasih infusan yang isinya ada obat untuk kontraksi nya, jadi... dapet 2 selang infusan sekaligus.. namanya juga bedrest, kata suster gak boleh turun kasur samsek pipis pun di pispot X_X pertama kali pipis di pispot bikin basah sprei, untung ada perlaknya hehe.. kalo pengen pup ya itu mah dispensasi *syukur syukur*
Minggu pagi dokter wid udah dateng buat visit, katanya masih keras ototnya masih tegang, trus diskus sama suster obat apa aja nanti yang dikasiin..masih berasa keras sih perut. Minggu sore dapet kabar kalo kamar yang kita pesan sudah ready!! wohoo.. lebih nyaman deh istirahatnya, kasian juga pak suami gak bisa tidur semalem gara-gara gak pw, trus liffa juga gak nyaman nemenin bundanya.. eh pindah kamar ini dianter liffa juga, ikutan di kasur bunda didorong suster hehe..
sampe kamar baru, orang tua, mertua,suami,liffa,ipar ngumpul semua..langsung... ngagoler hahha.. seneng suasana ngariung gini, berasa gak di RS.. mertua bilang "kayak di hotel" ya syukur deh,, gak salah pilih kamar, emang tujuannya supaya selain gw nyaman tapi yang nengok / yang nemenin pun nyaman..

Hari senin pagi tiba-tiba demam nih, menggigil gak enak banget.. kirain efek AC, matiin deh AC nya.. gakmempan masih menggigil, panggil suster minta ditemp ternyata 38,6 trus dikasih sanmol, istirahat bobo keringetan.. beberapa jam kemudian malah ngerasa makin panas.. ditemp 38,7 katanya belom 5 jam jadi emang gak langsung turun..wokeh.. bbrp jam kemudian, ditemp malah 39,6 pada panik dong ya.,. suster pun.. sambil pasang infusan sanmol 100ml  gw bilang gak ngerasain gerak bayi nih, dari semenjak panas tadi, akhirnya di CTG pas di CTG alatnya bunyi - bunyi tanda ada yang gak beres nih.. jantung bayi melonjak sampe 170-180 normalnya kan 130-160an katanya.. mana sempet ngilang-ngilang jantungnya, ternyata bayinya sesek napas T_T
suster ambil oksigen, disuruh hirup dalem-dalem katanya oksigennya bukan buat ibunya aja tapi buat bayinya juga.. mertua udah panik mukanya. hasil CTG udah selesei saatnya dilaporin ke dokter, sampe pagi tuh oksigen masih nempel, kebayang gak sih semaleman tidur ditemenin oksigen.. eh besok paginya langsung turun suhunya 35,5 naik ke 36 sekian.. ya alhamdulillah ya normal.. suster pun pada lega, pada bilang "ibu kenapa sih semalem, kesambet sigana" haa.. hectic banget deh senin malem itu pada tegang semua..
tapi feelingnya suster kayaknya gara-gara infusan yang udah 3 hari nancep di pergelangan tangan belom dipindah, jadinya bengkak. sebenenrnya bengkaknya udah dari hari pertama tapi katanya normal, karena efek aminofluid itu. eh pas dipindah infusan di punggung tangan udah agak turun panasnya...
tapi ya jaga-jaga takutnya ada virus apa lah gitu, selasa jam 10 diambil darah untuk cek typus / db, alhamdulillah hasilnya negatif, leukositnya juga bagus kata dokter..
pas dokter visit bilang, kemungkinan besok (rabu) pulang perut masih keras lanjutin dulu antibiotiknya sampe jam 11 siang besok.

Hari Rabu dokter visit lagi dicek, masih agak keras tapi ototnya udah agak rileks, disuruh kontrol USG hari sabtu nanti, buat ngecek obat aminofluid (protein) di ketuban, dan cek lain-lain deh.. dan, diperbolehkan pulang siang itu juga..horeee.... tapi masih harus istirahat di rumah selama 7 hari, yeuk marii..

Rabu siang kita pulang, beres suami urus administrasi.. liat tagihannya bikin sesek napas lumayan buat beli motor baru tapi alhamdulillah cuma bayar 15 rebu aja buat gelang haha.. *ciumcium asuransi* dan suami :p
akhirnya kita pulaaang...... sebelumnya dikasih petuah-petuah sdma susternya, ih kita ngerasa nyaman deh sama pelayanan di Melinda, susternya gak kaku,pinter, helpful, seger-seger, dan suasananya itu loh nyaman.. *sesuai harga* uhuk...
suami memutuskan lahiran di Melinda aja katanya, oke mulai Galau dese hahhaa..  setelah tanya prosedur rooming in,dll akhirnya ya udah deh mantep lahiran disana aja.. bismillah semoga sehat terus ya..lancar rejekinya :)

sampe parkiran disambut sama mobil impian ^_^ kata suami, hadiah buat bunda :p
belom sempet ikutan naik karena keburu bedrest, akhirnya kesampean juga kita pake mobilnya.. *oke,maaf ngelantur*

sekarang, lagi santei di rumah masih harus jaga-jaga gak terlalu banyak gerak soalnyantar keras lagi perutnya, absen dulu gendong liffa, alhamdulillah liffa gak rewel&gak lupa sama bunda hi,. iyalah tiap hari nengokin bunda sampe malem baru pulang hhee..

mohon doanya semoga debay sehat selalu, gak ada cerita horor lagi deh.. nikmat sehat itu tiada duanya..
semoga lancar sampe persalinan nanti.. aminn...

can't wait for saturday

1 comment:

  1. ya dijaga2 aja ya... moga2 sehat2 terus ya...

    ReplyDelete