Thursday, March 6, 2014

Persalinan : VBAC atau Caesar (lagi) ?

ini super duper late posting..
sebenernya dalam rangka menjawab pertanyaan temen-temen yang melahirkan anak pertama yang akan sc dan anak kedua yang masih bimbang antara sc dan normal.. dan karena ada salah satu teman saya yang kekeuh pengen normal tapi kondisi janin gawat, akhirnya bayinya tidak terselamatkan *knock on wood*
tapi ada juga yang berhasil vbac setelah perjuangan panjang dengan hypnobirthing, dan jaraknya gak sampe 2 tahun,, huebaadddd hii..

ini tulisan dibuat juni 2013 lho ha.. jadi, sebelum pada menjawab : "udeh normal aja biar cepet pulihnya" atau "lebih asik normal,karena merasakan jadi wanita seutuhnya" dan kawan-kawan.. percayalah masih banyak kata-kata yang menjurus ke arah "normal lebih perfect" ke telinga saya haha..

itu dulu.. sebelum melahirkan liffa, saya termasuk dalam orang yang berpikiran kalau melahirkan sc itu "ga mau sakit" "banyak gaya" dan lain-lain, kenapa? ya karena lingkungan saya membuat persepsi sc itu ya begitu, jangan ditimpuk dulu ya karena kan saat itu saya belum pengalaman..

tapi semua berubah saat saya sudah melahirkan liffa, dan memiliki kata-kata yang cukup bijaksana menurut saya hahahaa.. "mau sc/normal sama aja yang penting ibu bayi selamat" dan itu terlepas dari urusan medis/non medis ya.. yang penting mana ada sih yang kekeuh sumekeh harus normal tapi udah tau nyawa taruhannya? ya itu yang pernah saya alami hehe..
karena pengalaman itulah, sekarang sih mau normal apa sesar juga yang penting bayinya lahir selamat sehat alhamdulillah banget, bonusnya ya cerita plus plus si ibu saat menjelang persalinan, mungkin itu yang paling berkesan kan?
kayak saya dulu pas jantung liffa gak karuan di minggu 38 (waktu CTG) suster bilang saya udah kontraksi 3x tapi saya ga ngerasain apa-apa. kata suster kalo saya kesakitan, ya gak boleh pulang..
tapi saya cengengesan meyakinkan gak ngerasain apa-apa..
waktu tiba-tiba harus ke RS karena ketuban udah habis di minggu 39, dikasih induksi dikasih 5 unit, tapi gak mules, cuma panas punggung dan pup terus, suster,bidan ,dokter heran kok gak bereaksi? bukaan aja ga ada samsek..
apa ini ada hubungannya sama toleransi sakit saya yang (katanya ) suster itu tinggi? walohualam.. berarti kan kalo ini alasan nya medis ya, ketuban abis, pas dibelek perutnya udah ijo aja gitu ada pup bayi juga.. masih kekeuh harus bilang bahwa saya manja dan gak menjadi seorang ibu seutuhnya? *plak*

iya deh, pas baru ngelahirin saya sempat emosi tingkat dewa gara-gara dikomenin kayak gitu.. sadisnya. ada yang komen " ah anak ibu juga gitu ketuban pecah bisa normal" NGEK... tapi ya namanya ke orang tua cuma bisa senyum manis aja, pas di belakang dia ngamuk luar binasa hahaha..
ada lagi yang komen : "gak enak atuh ya sesar mah, tiba-tiba bayinya udah ada aja ya ga ngerasain mules dkk tinggal tidur"
cukup jawab " saya bius lokal jadi masih bisa denger dokter ngapain dan ngomong apa"
dijawab balik : " hah? gak total? bisa gitu?"
marilah kemari.. males deh jelasinnya, hellooooo ini kan udah canggih ya semuanya, gak semua operasi mesti total kalii.... berakhir dengan jurus kabur saja.. repot bener ya ibu-ibu itu biayain gw kagak tapi nyiyir nya kayak orang yang berkorban buat gw hahaha...

ya intinya adalah.. mari kita saling menghormati ya ibu-ibuk.. no judging at all hahaha..

balik lagi ke persoalan yang sebenernya pengen dibahas (setelah ngalor ngidul sedikit curcol) jadi.. ketika tahu saya hamil lagi dan menghitung-hitung kira-kira nanti debay ini lahir saat liffa 2,5 taun. berarti melahirkan pun bisa vbac atau cesar (lagi), hati terdalam pengennya vbac, kenapa? namanya juga ikhtiar ya.. dan ya itu tadi karena katanya pemulihan nya cepat yah, meskipun waktu sc juga 1 hari kemudian saya bisa jalan-jalan kok, kasur -kamar mandi hehe.. linu-linu kebas ilang ampir setaun..tapi ga menghambat juga..
yang dikhawatirkan ya karena ini anak ke-2, kalo sc lagi takutnya sakitnya kerasa banget...apalagi ada bocah yang lagi lucu-lucunya, perhatian harus ekstra deh..

tapi.. pak suami gak setuju, dia lebih setuju kalo sc aja, alasannya? biar cepet tinggal nentuin tanggal (kayak mau kawinan aja neyyk), biar gak stress liat istrinya mules-mules (maklum dia sangat sangat panikan), biar meminimalisasir resiko  kalo vbac gak berhasil ujung-ujungnya vakum/sc, jadi mending sc sekalian ,daripada biayanya membengkak hehe..  dan yang terakhir.. biar sama kayak anak pertama *deziiiggg
*yang ngerasain sakit/gak kan gueee*

udah konsul sama dr wid, tentang melahirkan kesempatan vbac gimana? diluar dugaan, dr wid sangat-sangat-sangat pro normal!! dia bilang banyak yang bisa normal meskipun anaknya dibawah 2 taun, ketika ditanya resiko vbac? dia bilang, gak ada kok aman aja. justru kalo sesar lagi,sayang ah.. cuma... dr wid masih gak mau spekulasi saya bisa normal/gak, beliau udah wanti-wanti kalo rahimnya tipis sih dia juga gak berani saranin vbac..

but eniwei, sekarang sih pasrah berdoa aja dan berusaha..apapun nanti mau sc apa normal yang penting saya dan bayi ini selamat sehat walafiat, rejeki buat melahirkan nya lancar...


amiiin....

update : akhirnya setelah bedrest seminggu di usia 31w karena kontraksi yang belum saatnya, kami sepakat memilih option sesar (lagi) karena kondisi ketuban yang masih kurang dan bayi sungsang..
kondisi pasca sc pun biarpun lebih linu nyeri (kebayang kan kalo luka lama dibuka lagi?) tapi cuma beberapa hari aja, seminggu an lah tepatnya, tapi pemulihan lebih cepat dan lebih fresh :)

jadi, apapun pilihan kalian.. please make sure, kalo kalian yakin sama keputusan dan feeling kalian, kalo dipaksain kan mari pikirkan lagi 2 nyawa sekaligus loh.. sekaligus juga saya pengen support beberapa temen saya yang melahirkan anak pertama melalui sc, dan sekarang sedang galau karena ya persepsi itu tadi..

so please, udah bukan masanya kita judge proses melahirkan, proses menyusui, proses pengasuhan bahkan status working mom or stay at home mom.. semuanya sama-sama butuh perjuangan dan air mata :D

wassalam..





No comments:

Post a Comment