Wednesday, October 16, 2013

Perawatan post caesar

banyak yang sering tanya dan beranggapan kalo pemulihan paska operasi sesar itu PASTI lama banget.. (kenapa mesti CAPSLOCK? ) karena  efeknya kan beda-beda ya tiap orang.. ada yang memang lama juga cepet.. Kalo kasus saya sih lumayan cepet si yah, apalagi waktu anak pertama itu bisa dibilang nekad ­čść jadi hari kamis pagi operasi, jumat pagi setelah lepas kateter langsung turun kasur sendiri jalan pula karena mules ga tahan hahaa.. Ketauan suster, dia kaget dan ngomelin katanya bahaya kalo ga didampingin..
Nah kalo anak kedua ini malah agak lebih worry soalnya sakitnya lebih kerasa gerak dikit linunya subhanallah, kateter baru dilepas rabu pagi jadi baru bisa jalan2 ya hari rabu, setelah melahirkan senin pagi..  Dan mungkin karena lukanya dibuka di tempat yang sama ya jadi lebih perih hehe

Tapii biarpun linu perih sakitnya subhanallah, saya sih tetep maksain gerak sana sini, malah rabu sore nya saya mandiin aliffa di kamar mandi rs, emang liffa kan ke rs pagi mnjelang siang ampe malem jadi mandi sore numpang di rs hehe..
Rasanya nikmat banget sih perihnya perih panas gitu sensasinya tapi kalo dibiarin malah makin kerasa akhirnya dipake jalan ato apalah yang penting kalo udah ngerasa ga kuat ya di stop aja..

selama masa pemulihan sc, langsung belajar miring kanan kiri buat belajar posisi menyusui karena posisi tidur harus sejajar dengan kasur gak boleh angkat2 kepala dikhawatirkan efek bius spinal bisa naik trus kita pusing berat besoknya belajar duduk dibantu pake remote kasur, seharian itu belajar duduk posisi 45,90 derajat, besoknya lagi setelah kateter dilepas, mulai belajar jalan, gak boleh nunduk nanti pusiang..

pokoknya banyakin jalan, gerak aktivitas tapi inget alarm tubuh ya :) seminggu setelah melahirkan langsung kontrol post sc sekalian ganti perban, abis itu pake salep sendiri di sekitar luka, 2 minggu kemudian kontrol jahitan lagi, dan udah OK langsung deh disuntik keloid, disuntiknya sepanjang luka jahitan jadi rasanya lumayan nyelekit tapi gak sakit.. suntik keloid ini kayaknya gak semua dsog menawarkannya, ada beberapa temen saya yang sc gak pake suntik keloid karena gak diinfokan sama dsog, saya sendiri kalo gak diminta suntik ya ga akan tau, walaupun resiko saya keloid itu kecil bahkan gakada tapi ya gak ada salahnya untuk disuntik, emang harganya mahal tapi ya demi kesehatan juga sih yah.

setiap hari sehabis mandi diolesin salep mederma, sampe sekarang rutin fungsinya buat perawatan jaringan parut, terus masih pake gurita juga hehe,, sekarang rajin pake gurita dan hasilnya udah keliatan, perut kenceng dan "rada" singset hahaha...
sebelum pulang dari rs dokter wid kasih suntikan buat painkiller katanya biar pas pulang segeran dan gak kerasa sakit disuntiknya 2x di p*nt*t kanan kiri,  pulang dari RS udah bisa mandiin alisha jongkok pula, padahal waktu aliffa mah ga berani mandi pake jongkok jadinya mandinya sambil duduk hehe.. tapi gak  berasa apa-apa juga sih, malah kata suami paska melahirkan alisha justru lebih fresh dibanding jaman aliffa.. 

kuncinya sih cuma percaya dan jangan takut buat bergerak meskipun ada sesuatu yang ngilu di bagian dalam sana tapi semakin lama kita merasakan sakitnya maka semakin lama pemulihannya.. *mamah lia bersabda*




No comments:

Post a Comment