Saturday, March 10, 2012

Breastfeeding Mama

apa yang tidak dimiliki Pria dari Wanita? Banyaaakk...salah satunya.. BREASTFEEDING !
yaa.. buat gw mungkin sebagian perempuan lain menyusui itu adalah anugerah :) yes, Indeed...
kenapa sekarang gw tergila-gila sama yang namanya Breastpump, pumping, Asip,dkk?? tergila-gila dalam artian bukan anti sufor loh ya? gw masih normal kok,masih bisa memahami kenapa mesti sufor,kenapa mesti asi&sufor... cuma memaaang...belom berani aja buat Top up liffa dengan sufor karena..frekuensi menyusu liffa di siang udh mulai berkurang, karena udah makan kan sekarang..
pernah kepikiran sufor? eyah pernah lah..apalagi waktu asi lagi seret-seretnya... hasil pumping ga sejaya dulu kepikrian banget pake susu apaa ya buat cadangan..
tapi sampe sekarang liffa belom pernah dicobain sufor pun.. masih mengandalkan ASIP yang kadang naik turun..
pernah ada kalanya cuma 30ml dalam 1/2 jam mompa..
perasaannya?? patah hati,,tercabik-cabik kok sekarang begini yah, dulu masih banyak, langsung pikiran pun berputar-putar cari-cari alasan kenapa bisa seseret itu?
mood swing kah? period kah? atau lain2??mis: konsumsi obat-obatan ttt...
eiyah ini pernah loh waktu cabut gigi kan dikasih obat, yang kata drg nya aman buat busui..tapi ternyata malah bikin asi cuma basahin pantat botol doang ! meskipun antibiotik tapi ga sanggup buat ngabisinnya, karena bikin asi gw seret, di Stop deh..

di saat seret begitu langsung feeling guilty muncul ! dan pernyataan kenapa kenapa atau coba kalauu..blablabla..aah sudahlah memang kan selalu ada masanya masa jaya dan masa redup..haiyaaahhh...
langkah yang diambil kalo lagi seret gila-gilaan adalah.. Ijin Ga ngantor ! konsekuensinya?? Potong gaji! tapi alhamdulillah masalah potong gaji ini ga terlalu jadi beban pikiran, walaupun lumayan yaa..50rb sehari tapi daripada anak gue kehausan??
dan alhamdulillah nya lagi.. rekan2 di kantor ga bawel ga nyinyir ga nyebelin deh.. ini juga jadi faktor kenapa gw ga malu bawa-bawa alat pompa dan mompa di waktu senggang :)
dulu ada sih yang suka ngeledekin.. "tukang susu" atau "sapi perah" tapi ngapain gw masukkin ke dalem hati, biarin aja deh..bapa-bapa ini. gw suka ledekkin balik aja "ini susu mahal tauuuu" dan hasilnya apa?? karena gw ngerasa itu becandaan dan bikin gue ketawa2 malah hasil pompa nya deres :)) make me happy aja tu orang :p
entahlah, maksud dia nyindir apa ngeledek yang penting ga ganggu gue pas mompa :D

dulu..masa-masa jaya pas baru 3-6bulan ngelahirin sekali mompa dalam satu waktu itu bisa nyampe 150-180ml :D jaya banget kan? ya buat gw itu banyak :)) ga pernah mikirin banyak apa engga juga sih.. Mindset gw cuma "CUKUP" jadi ga pernah terpatok berapa mili :D dari liffa lahir sampe liffa 5bulan an pompa yang dipake masih pigeon manual kebayangkan gimana pegel nya si jari jemari ini sehari bisa 5x mompa secara manual..taqpi alhamdulillah semuanya dijalani dengan ikhlas jadinya ringan :)
kepikiran pake elektrik pas udah merasa ni pompa manual kasian deh tiap hari kerja rodi, takutnya malah ga maksimal dipakenya, dan iya aja daya hisapnya sedikit2 berkurang bisa jadi karena udah keburu pegel juga ya mompanya, ahirnya setelah ngintip2 flea market TUM ketemu deh breastpump idaman ( baca: medela Mini Elektrik) dengan harga jauh dibawah toko, meskipun second tapi kondisi nya masih bagus.. dan aku langsung jatuh cinta ketika udah dipake..sampe sekarang berarti udah hampir 7bulan.. Minel setia **uuuurrrgghh i love this so much**
trus hasil pompa ada bedanya gak?
ada bangeet.. daya hisapnya lebih mantep (yaiyalaah) jadi hasilnya pun lebih cepat&lebih banyak ( ga drastis juga sih) ya nambah 10ml lebih banyak kan lumayan juga kan tuh yah he..
tapi ternyata ada masanya, seret itu terus-terusan..pake si minel pun ga mempan,, ya emang udah masanya kali ya seret, cara menyiasatinya dengan mempersering jadwaL mompa, di rumah maupun di kantor.
semenjak liffa masuk 7bulan jadwal mompa semakin molor, yang tadinya jam 10 udah mompa pertama, sekarang jadi jam 11 trus jam 13 mompa kedua sekarang jam 15 malah sering jugamolor 2 jam*whew* jadinya mompa di kantor sekarang cuma 2x dan hasil mompa nya 2botol @100ml
eiyah.. kadang ni yah kalo males mompa sesi ke-2 di kantor, mompanya di mobil aja sambil jalan pulang / nunggu suami (kalo mampir kantor suami dulu) that's why i really love minel so much :* tanpa colokan listrik pun minel bisa dipakai dengan baterai. ada ceritanya juga nih pada saat-saat kritis, pernah ninggalin liffa tanpa 1botol asip sama sekali, kalo ga salah waktu itu long wiken, dan kebetulan juga liffa namplok bangeetttt.. pengennya nyusu melulu, ga ada kesempatan buat mompa.kalopunnyobain mompa, hasilnya pun cuma basahin pantat botol doang, jadinya males-malesan deh.kalo emang ga bisa ninggalin kerjaan di kantor, ya terpaksa pasistirahat mampir dulu ke rumah ( kadang ke mertua kadang ke mamah) sebenernya paling enak sih ke rumah mamah, karena sekali naek angkot dan jaraknya pun lebih dekat, tapi liffa kan seringnya juga di mertua :p
pokoknya,, banyak banget deh suka duka nya soal breastfeeding mama.
mudah? simple? keliatannya begitu yah?
nyusuin kan cuma tinggal sodorin PD dan dihisap bayi, tinggal mompa simpen di botol kaca masukkin di kulkas, hangatkan, sajikan.. that's  so easy huh?? i don't think so !

No comments:

Post a Comment