Thursday, October 22, 2015

belajar nyetir pertama kali

holaaa.... di usia menjelang 29 ini baru belajar nyetir mobil telat gak sih? errr... i think never too late for learn :p  apalagi tujuan ini mulia demi bisa mengantar anak-anak sekolah dan kesana kemari sama gadis-gadisnya bunda (red. jalan-jalan).. kenapa baru belajar sekarang? ya namanya juga saat mepet adalah saat dimana semuanya bisa terlaksana dengan baik hahaha..
maksudnya, duluuu sempet mau belajar tapi mikir "ah buat apa sih? ada angkot juga, gampang kemana-mana" trus mau belajar lagi "ah mobilnya juga ga punya"and so on so on...

sampai akhirnya saat aliffa udah masuk preschool yang jaraknya agak jauh dari rumah, even naek angkot pun dan gak ingin ngerepotin ortu buat jemput langsung deh tercetus oke, belajar nyetir. tapi terkendala karena alisha masih bayi, susah ditinggal kalo buat kursus mobil. sampe akhirnya suami beli city car, supaya bisa diajarin suami. belajar tiap wiken di kompek batununggal, eh ternyata setelah latihan ke 3 ada tulisan "dilarang belajar mobil disini" hhahaa..

akhirnya bulan agustus 2015 memutuskan masuk kursus mobil talenta di daerah buah batu, ambil kelas pemula tarifnya 825rb/12 jam atau 6 kali pertemuan.. mau sharing tahapan-tahapan perhari (progress) pas kursus.

day 1. (8/8/15) karena pemula, marilah perkenalan dulu sama kopling, (fungsinya apa?) gugling aja yak hahah.. lalu gas,rem,dan beberapa aksesoris yang ada di mobil. lalu diajak bawa mobil langsung di daerah jalan salendro.

day 2. kalo kata orang sunda sih gemper alias tegang pas disuruh nyebrang belok, ac mobil segitu dingin bener-bener gak kerasa,keringet segede biji jagung netes2..

day 3. (17/8/15) kaki masih pdkt sama kopling, masih belom bisa seimbang pas di gigi 1 beberapa kali mesin mati di lampu merah sepanjang bubat-cilaki. ternyata rasanya.......

day 4. belajar nanjak di jalan hasan saputra, mundur&turun, belajar parkir kanan di belakang hotel horison

day 5. rute bubat-citarum-cilaki-bubat, belajar 1/2 kopling lagi, belajar u turn, dan udah mulai bisa kendaliin setir diantara 2 mobil, masih suka lupa oper gigi ke 1 kalo lagi berhenti&maju, feel kopling gigi 1 masih ragu-ragu

last day. berhubung hari minggu, diabwalah ke tempat ramai, bubat-gasibu-dago-flyover waw.ga percaya ternyata ga tegang dan bisa ambil posisi pas macet meskipun sempet nyenggol spion mobil orang hahah.. alhamdulillah orangnya baik malah senyum@ (mungkin dia ketawain saya) haha..

tapi ga langsung behasil mahir bawa mobil sendiri juga sih, instrukturnya baik namanya pa acep, sabar& kasih kita percaya diri kalo kita bisa. ini yang penting buat pemula kayak saya.. setelah beres kursus saya belajar bawa mbil pake mobil yang ada di rumah, tapi didampingin sama sopir mertua dulu, kalo sama suami dijamin ga akan tenang hahaha... pertama bawa tegang abis, karena ternyata koplingnya lebih keras dari mbil kursus alhasil mobil sering loncat, teori pas kursus blank, untungnya yang dampinginnya tenang, beberapa kali diklaksonin karena mati mesin.

hari berikutnya, udah mulai rileks bawa mobil ke batununggal buat lemesin kopling. rute batununggal-citarum.

beberapa hari kemudian, si  bapaknya sakit jadi ga bisa dampingin lagi, akhirnya diganti sama temen mertua yang emang sopir angkot, rutenya  flyover-cimindi-setradyra-surya sumantri-pasteur-citarum-dago bengkok. pas jalan sih ga ada masalah ga pake mati mesin beberapa kali cuma pas ada tanjakan curam mesin kemudian mati dan tegang, apalagi pas dia dago bengkok yang tanjakannya curam banget eh di gas kok mesin malah mati, akhirnya gantian nyupirnya sampe ke jalanan landai.
terus belajar parkir mundur dan keliling bunderan. gongnya pas mau atret ternyata muter setirnya kebanyakan akhirnya hampir nabrak motor di sebelah kanan, untung motornta pelan banget&cuma bengong aja hahaha... abis itu pulang deh..

hari berikutnya, belajar nyetir ke daerah amerta, tadinya supaya terbiasa ke daerah rumah sendiri. belajar di jalan kecil, salah belok lagi karena dikagetin jangan ngegas, aslinya deh abis gitu trauma karena ternyata intruktur baru ini lebih stresan.. trus akhirnya aku ngikutin jalan aja deh, ke daerah cikoneng (bojongsoang) lanjut majalaya-baleendah-banjaran-majalaya-rancaekek-tol cileunyi-bubat.. jalanan yang banyak truk, jalanan belok-belok, offroad,dan macet tapi alhamdulillah udah rileks dan mungkin sudah lelah dan agak bete sama instrukturnya karena dikit2 nyuruh ngegas, dan kagetan.. akhirnya pundung gak mau ditemenin dia lagi (ngadu sama suami&mertua) haha..

sekarang? udah ga bawa mobil hampir sebulan entah gimana nanti haha mudah-mudahan aja gak tegang lagi deh, tinggal belajr parkir dan kuatin nyali buat berani nyebrang hii..


intinya, niat yang kuat-berani-percaya diri dan instruktur yang tenang&bikin pd nambah..

4 comments:

  1. kalo mau bisa nyetir itu yang penting mesti latian aja terus terusan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om arman, tap belom pede sendirian nih. apalagi kalo parkir -_-

      Delete
  2. Lesnya pake manual ya? Mobil di rumah matic apa manual? Kalo matic ya nyante aja kayak pake bom2car hehe. Cm lbh hati2 aja krn suka nyelonong sendiri walau tanpa di gas. Kuncinya sih PD aja dan kl sampe nyenggol.. pasrah. Asal jgn nabrak parah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2-2nya manual ci, pengennya sih matic hahaha.. alhamdulillah sampe sekarang ga pernah nyenggol paling diklaksonin haha.. iya belom PD jalan sendirian nih, mana kalo ke sekolahan anak cari parkir susah,, belajar parkir aja belom lulus hahhaa..
      thank you ci

      Delete