Friday, May 31, 2013

Part Time Mother VS Full Time MOther

geregetan pengen nulis panjang lebar soal unek unek dalam hati...tapi dipikir-pikir ngapain juga sih? eh,semalem terusik lagi pas liat TL salah satu (katanya) ustadz tiba-tiba kultwit soal FTM dan WM, padahal saya gak follow dia cuma di TL rame aja ngebahasnya...
sebenrnya biasa aja sih (udah kebal sama yang  beginian) jadi ya cuma.. "he eh deh ah gimana lu aje" biarpun dia seolah-olah seperti menyudutkan.. kami working mom itu merugi.. alias kayaknya kita gak bisa jadi madrasah yang baik untuk anak-anak.. *tarik napas*

ya sebenernya itu tulisan biasa bukan? tapi yang bikin ruaarrr biasa.. masa dong... dese bikin istilah sendiri "PART TIME MOTHER" dikotomi yang salah, bro !!
selama ini kan working mom, full time mother, stay at home mom.. dan ya istilah yang wajar...
hello... makanya gw lgs reply "emang ada part time mother?" dia menulis menjurus ke feminisme.. okeh saya ga ngerti lah yang kayak begituan.. yang pengen saya ungkapin sebenernya....

dia tau apa sih soal full time dan part time mother juga working mother? apa, seorang full time mother itu bukan working mother? dan apakah working mother bukan full time mother? iya sih itu cuma istilah... tapi please pak ustad, kami as a mother (apapun istilahnya) keberatan dong kalo disuruh memilih jadi part time atau full time mother?
bukan maksud membela diri, tapi apa pernah dia ngerasain mual-muntah sepanjang hari selama kehamilan 9 bulan? apa pernah dia ngerasain sakit badan kayak digebukin orang sekampung selama 9bulan? apa pernah dia ngerasain mules dahsyat selain mules diare sepanjang hari menjelang melahirkan? apa pernah dia meraskan suatu kesakitan tapi tetap sambil mengurusi mahluk lain? apa pernah dia berjuang mati-matian demi memperjuangkan ASI untuk kelangsungan hidup mahluk lain? apa pernah dia rela begadang hanya untuk mengurusi ASI? apa pernah dia merasa dirinya seperti zombie? karena sangat butuh istirahat tapi masih harus menjalankan hal lain yang lebih penting.. kenyamanan sendiri pun terusik, banyak hal yang dikorbankan, tapi apa kami sebagai seorang ibu mengeluh,memaki,atau menyesali semuanya? i don't think so. karena itu memang kodrat kami, kami bahagia kami bangga being a mother..
walaupun kami mengeluh ya karena kami juga manusia... bukan berarti kami menyesali kodrat kami.. dan itu gak ada hubungannya dengan status part time full time..

apakah pak ustad terhormat pernah dalam keadaan "pusing stress urusan kerjaan double dengan urusan rumah tangga triple dengan mikirin anak?" biarpun kami pergi pagi hari pulang malam hari.,ujung-ujungnya anak juga.. pernah gak ya dia sibuk dengan kerjaan tapi sambil curi-curi waktu buat mompa asi misalnya? atau pernah gak yah begadang seharian karena anak sakit yang kebangun siapa? dan pagi-paginya si part time mother ini harus berjuang lagi di tempat lain.. malam kembali ke rumah main sama anak, ngecek keadaan anak,nemenin anak, ikut begadang, anak rewel si part time mother ini yang nenangin... paginya kembali begitu.. and so on so forth

dan yaaaanggg paliing jeder adalah... dihubunginlah ke feminisme yang buruk-buruknya aja cin yang dimunculin, divorce, selingkuh, materi, anak broken home.. terus apa kabar kita yang maksud hati bekerja karena :
1. tuntutan ekonomi, ga usah munafik deh.. gaji suami mau gede juga tetep aja sebagai perempuan mah pengen juga punya duit sendiri, dan bahagia banget kalo bisa bantu suami dikit-dikit, jajanin anak, belanja gak ada beban, bantuin keluarga dari kedua belah pihak.

2. tuntutan aktualisasi diri, namanya juga manusia sesuai piramida kebutuhan , yang namanya aktualisasi diri juga beda-beda.. ada yang emang pengen beraktualisasi di pekerjaan, atau kegiatan lain yang bikin kita merasa sibuk selain urusan dimestic goods
( liat.. perempuan multi tasking kan?? )
dan masih banyak alasan lain.. simpelnya adalah.. menjaga diri tetap waras ! bukan berarti di rumah gak waras loh ya? jadi, banyak banget yang udah kerja sekian tahun tiba-tiba plek di rumah ngurus anak -suami.. yakin ga langsung lupa sama hectic nya kerjaan kantor? yakin gak kangen? makanya banyak juga yang setelah stabil emosinya, mulai cari kegiatan lain walaupun ga harus balik ngantor lagi.. pak ustad pernah gak ya?? intinya semua butuh proses, gak langsung harus dijudge juga kan?

berat loh sebenernya ninggalin anak di rumah.... kalo dibilang makan hati , makan jantung banget deh.. jadi jangan salahkan para perempuan yang jadi part time mother karena kepentingan kami juga berbeda...
tapi jiwa pikiran dan hati kami tetap full time mother loh..

ibaratnya, kalo dia punya istilah part time mother itu seolah - olah mother itu pekerjaan dan tanggung jawab sementara.. kayak "cari kerjaan part time ah" ngerti kan?

ah sudahlah.. intinya, saya sebel :p meskipun saya bukan stay at home mom, tapi saya salut berat sama mereka loh, gak gampang jadi mereka yang 24 jam /7 hari ngurusin anak-suami sampe menyingkirkan egonya sendiri..

saya gak pernah menjudge stay at home mom, juga working mom.. karena setiap ibu adalah malaikat untuk anaknya  (dr tiwi) mereka melakukan yang terbaik menurut mereka karena demi kehidupan yang lebih baik.. banyak resiko yang harus dihadapi dan diterima di setiap pilihan..

mau ibu itu di rumah atau di kantor, tanggung jawab mereka sama.. apakah terjamin anak yang diawasi ibunya 24 jam jauh dari maksiat? apakah terjamin anak yang tidak dawasi 24 jam dekat dengan maskiat? walohualam... amit-amit yang pasti ya.. selama semuanya diridhoi suami dan istri masih dibimbing dengan baik oleh suami, insya allah tujuan rumah tangga sakinah mawaddah warohmah bisa terwujud.. suami istri bahagia akan menghasilkan anak-anak bahagia :D gak peduli emak kerja atau enggak hehe..

jadi.. ibu-ibu mohon maaf kalo saya nulis agak aneh dan membara, mungkin agak sedikit gak nyambung, atau ada yang tersinggung bukan maksud hati yang terdalam.. cuma pengen unek-unek aja, semenjak jadi ibu kok rasanya kesenggol dikit kayak ginian bawaanya langsung nyinyir apalagi yang ngomong bapak-bapak..sepertinya emak yang dibilang part time itu effortless

ya sudahlah.. sebenernya masih ada yang belom keungkapin cuma bingung mau nulisnya gimana hehe.. jadi semoga ini bisa sedikit mewakili perasaan saya yang sekarang hehe.. itu dari pandangan saya loh ya.. kalo pandangan kita berbeda ya ndak apa-apa..berbeda tapi satu kan?

wassalam...



8 comments:

  1. hihihih buli masih esmosi...

    sebenernya aku ngerti sih maksud si ust teh, bukan krn aku ftm yaahh

    maksudnya kondisi yg paling ideal kan ketika seorang ibu bisa 'memberikan full attetion' ke anak2nya, makanya judulnya full time mother.

    Tapi kan keadaannya, kaya eike ini walo ftm tapi susye ye ngasih full attention, yang ada ngasuh sambil bbman, main tablet, kadang disambi kerja lagi demi eksistensi dllnya *tertohok*
    ato bagi yang kerja, susah juga ngasih full attentionnya 24/7, karena waktunya terbatas

    yaa intinya kita masih manusia biasa yang belum bisa ke dalam kondisi ideal. Nah si ust ini kan sekedar mengingatkan, terserah kita mau mengambil hikmahnya atau tidak.

    pukpuk ya buli, semoga oneday kita bisa dalam kondisi yang terbaik bagi anak-anak kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hii..bumer.. garis merahnya sih dapet, yatapii kenapa mesti "magang" coba :p *colek buput hahaha

      Delete
  2. buliiii, i feel you
    kalao baca ginian, gue selalu mikir, emang ada konspirasi kali yaaa, biar perempuan merasa bersalah en kembali bekerja di rumah aja, seperti jaman dahuluuuuu kala, en kembali para lelaki itu yang menguasai dunia, xixixixi....

    kejauahn ya mikirnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. point merasa bersalah nya itu loh -_-" harus yaa kita disalahkan.. padahal kan hati juga berat banget..

      Delete
  3. warna hurupnya ganti donggg...susah dibaca kalo semuanya ijo. maap ya, ini pembaca baru kok ninggalin komennya udah protes aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw..ada selebblog hadir *jadi malu* masa sih ijo? di settingnya kuning malah.. ntar diganti lagi deh hee anwy, makasii ya udah mampir hehe..

      Delete
  4. wahhh..gw juga pernah nih ngerasain kesel kaya gini hehe..namanya juga manusia ya.. menurut gw, apa pun kondisinya, ftm, wahm, sahm, wm, etc, semua adalah ibu yang berusaha menjadi yg terbaik untuk keluarganya..

    ReplyDelete
  5. whuaa..ada mods mampir dimari *blush* agree with u mom :D

    ReplyDelete